Edit

Tentang Kami

Student Research Center Revolution Atau Disingkat SRCR Merupakan UKM Penelitian dan Pers Fakultas Kedokteran Universitas Jember

Kontak Kami

 Mengenal Meningitis, Penyakit Penyebab Kematian Glenn Fredly

Glenn Fredly Deviano Lattuihamallo, seorang penyanyi pop R&B yang terkenal akan lagu romantisnya telah meninggalkan dunia di usia 44 tahun. Berita ini sontak menghebohkan di seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, penyanyi yang juga aktivis kemanusiaan ini sudah banyak memberikan kontribusi pada negeri. Menurut berita yang beredar, glenn meninggal akibat terkena penyakit meningitis.

Bagi sebagian orang meningitis adalah salah satu penyakit yang jarang didengar. Hal ini tercermin dari jumlah kasus meningitis di asia dan di dunia. Dilaporkan bahwa jumlah pasien meningitis sebesar <2 kasus per 100.000 orang di Asia, di dunia, pada tahun 2010, dilaporkan jumlah kasus meningitis sebanyak 12.010 pada pasien laki laki dan 7.371 pasien perempuan. Angka kematian akibat meningitis pun mencapai 1025 pada tahun yang sama. Meningitis adalah inflamasi yang terjadi di selaput meninges, yaitu salah satu selaput yang melapisi otak. Inflamasi ini dapat disebabkan karena banyak hal, misalnya infeksi virus, bakteri,  maupun fungi (jamur).

Pada meningitis yang terjadi karena infeksi bakteri, pada umumnya disebabkan oleh dua strand bakteri yaitu Streptococcus pneumonia (penyebab terbanyak yang menyerang bayi dan anak) dan Neisseria meningitidis. Asumsi para peneliti, bakteri-bakteri ini menginduksi meningitis dengan cara masuk ke dalam aliran cairan serebrospinal melewati aliran darah atau secara langsung melalui infeksi lokal ataupun defek pada lapisan dural. Seperti yang kita ketahui, otak memiliki sebuah pelindung terhadap zat-zat asing yang hendak masuk ke otak yang disebut blood brain barrier, sehingga untuk menginfiltrasi otak, maka patogen-patogen tersebut harus memiliki struktur khusus. Bakteri-bakteri tersebut akan menggabungkan struktur umumnya dengan protein-protein seperti PAF (platelet activating factor) sehingga dapat menembus blood brain barrier. Setelah bakteri atau patogen melewati blood brain barrier, maka akan ada aktivasi dari sel-sel imun terutama limfosit. Sehingga apabila bakteri sudah menginfiltrasi, maka dia kan bereplikasi dan menyebabkan inflamasi yang semakin parah.

Seseorang yang menderita meningitis sering kali mengalami keluhan demam, nyeri kepala, dan kejang. Kasus meningitis merupakan salah satu kasus kegawatdaruratan neurologis, sehingga apabila terdapat tanda tanda tersebut harus segera diberikan penanganan yang cepat dan tepat untuk mencegah perburukan dan kematian pada pasien.

Glenn dimakamkan di pemakaman tanah kusir. Selamat jalan Gleen Fredly, karyamu akan tetap abadi ! !

Oleh:

Mukhammad Arif Hadi Khoiruddin

Arinie Awindya Lubis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *