Edit

Tentang Kami

Student Research Center Revolution Atau Disingkat SRCR Merupakan UKM Penelitian dan Pers Fakultas Kedokteran Universitas Jember

Kontak Kami

 Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Tantangan Perubahan Dunia Menuju PIMNAS 2020

Goes To PIMNAS (GTA) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Student Research Center and Revolution (SRCR) Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang memiliki tujuan untuk mengimprovisasi kemampuan, motivasi, serta semangat para mahasiswa untuk berkarya menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2020. Materi ini disampaikan oleh alumni FK Unej yang menempuh pendidikan semenjak tahun 2014-2020 sekaligus ketua SRCR dengan periode kepengurusan 2016/2017, dr, Rudy Gunawan pada 7 Juni 2020.

Beliau berhasil menyumbangkan prestasi berupa pendanaan karya ilmiah di Pekan Karya Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2016 dengan judul, “Asisten Peneliti Pengembangan Obat Herbal Terstandar Bangle (Zingiber Cassumnar Roxb.)Terhadap Ekspresi ICAM-1 dan Kadar IL-10 sebagai Terapi Komplementer untuk Mencegah Komplikasi pada Malaria”. Tidak cukup sampai disitu, beliau juga menghasilkan begitu banyak karya yang telah dipersembahkan untuk mengharumkan almamater tercinta.

Materi yang berfokus pada pembahasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini  diawali dengan salah satu motivasi yang disampaikan oleh sastrawan terkenal, Pramoedya Ananta Toer, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Pemateri menyampaikan bahwa seseorang yang siap menjadi pemenang adalah seseorang yang siap menghadapi perubahan. Perubahan lingkungan, ketertarikam dalam menekuni suatu bidang, maupun bagaimana seseorang bijak dalam menggunakan waktunya.

Untuk mencapai kesuksesan pun tak lepas dari adanya support system  dan juga kepekaan  seseorang untuk menemukan suatu masalah yang nantinya akan menghasilkan karya dimasyarakat. Jangan batasi diri hanya untuk menyesuaikan dengan apa yang digeluti. Gali semua potensi yang ada dalam diri dan lingkungan sekitar, agar apa yang dihasilkan lebih maksimal. Tak lupa bahwa setiap support system  tidak hanya datang dari dukungan keluarga maupun kerja sama tim yang kuat, tetapi juga semangat dalam memberikan karya untuk negeri.

Bagaimana bila seseorang mengalami blocking dalam proses pencarian ide? Suatu karya cukup sulit untuk bisa didapatkan secara instan. Sehingga ada trik yang diberikan oleh pemateri untuk kita bisa melewati fase blocking. Kita bisa menyebut trik ini dengan menggunakan singkatan ATM yaitu amati, tiru, dan modifikasi. Tentunya untuk melakukan trik ini kita perlu mencari referensi sebanyak mungkin. Bahkan berkolaborasi akan memberikan hasil yang lebih maksimal lagi untuk menemukan ide dalam membuat suatu karya. “Sesuatu yang baik harus diawali dengan melihat yang baik pula”, kata-kata yang disampaikan oleh dokter Rudy.

Memasuki sesi akhir, ada beberapa hal yang disampaikan oleh pemateri dan pastinya harus dipahami betul oleh setiap peserta, diantara lain sebagi berikut:

  1. Jangan tanyakan apa yang telah diberikan oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) maupun kampus, tetapi apa yang telah kamu berikan untuk mereka.
  2. Runtuhkan batasanmu untuk belajar dan menggali hal-hal baru, meski itu bukan keahlianmu. Justru manfaatkan hal-hal itu untuk memberikan karya terbaik dari dirimu.
  3. Ingatlah bahwa dibalik kesuksesan seseorang pastinya ada support system, kegagalan, dan juga pengorbanan yang harus dilalui. Sehingga jangan takut untuk mencoba mengubah kebiasaanmu, dan  bangun motivasimu dengan yang lebih baik dari sekarang.

Rasanya waktu selama 2 jam bersama dengan beliau berlalu begitu cepat. Dengan kerendahan hati pemateri, beliau mempersilahkan untuk teman-teman mahasiswa yang membutuhkan konsultasi atau memiliki pertanyaan bisa langsung menghubungi beliau. Sehingga semangat untuk teman-teman mahasiswa dan berikan yang terbaik untuk negeri tercinta.

Nama : Rosalia Dwi Permatasari

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *